Layar LED Monitor CPU Blank Hitam ! Inilah Penyebabnya !

Benar-benar stress apabila CPU tidak mau diajak kerjasama, sebelumnya masih aman tapi saat log on layar LED monitor ngblank hitam. Inilah barang elektronik, kita tidak tahu kapan CPU tersebut mengalami kerusakan atau kesalahan hardware didalamnya.

Memanfaatkan sarana tehnologi untuk alat pekerjaan merupakan kebutuhan pokok, apalagi jaman sekarang sudah era komputerisasi.


Layar LED monitor ngeblank hitam no SIGNAL disebabkan oleh beberapa faktor, kita tidak langsung mem-vonis bahwa CPU atau LED monitor mengalami kerusakan. Kita bisa mencari penyebab dari masalah tersebut.

KABEL VGA
Cek kabel VGA, jangan-jangan kabel tersebut putus karena kecorobohan kita sendiri atau faktor usia dari kabel tersebut. Silahkan cek menggunakan kabel VGA lain untuk menentukan apakah Blank HITAM layang LED disebabkan oleh kabel VGA yang rusak.

VGA
Hardware ini merupakan bagian terpenting dari CPU, fungsi untuk menampilkan tampilan visual CPU komputer. Keluarkan VGA dari slot PCI express jika memakai VGA ekternal dan dicoba dengan VGA internal dari motherboard [VGA Onboard].

Jika menggunakan VGA onboard CPU noemal kembali, berarti masalahnya berada di VGA external. Bersihkan VGA menggunakan alkohol hingga bersih, tunggu beberapa saat untuk dipasang kembali. Masih tidak ada respong ? buang dan beli VGA baru lagi :)

RAM
Apabila ram rusak sudah ada tanda melalui beep motherboard, jadi kita tahu masalahnya. Tapi ada juga microphone kecil motherboard tidak dipasang, maka bunyi beep tidak akan terdengar oleh kita.

Lepas RAM dari slot memori, bersihkan debu disela-sela komponen dan kuningan RAM hingga bersih menggunakan alkohol. Pasang kembali RAM pada tempatnya, jika masalahnya hanya kotor mungkin CPU langsung bisa masuk ke windows

MOTHERBOARD
Jika masalah berada pada hardware vital motherboard, kita tidak bisa berbuat apa-apa ! satu-satunya jalan harus membeli motherboard baru. Sebelum membeli cek dulu baterai motherboard ! jangan-jangan baterai tersebut sudah mati atau menjelang ajal. Belilah baterai motherboard, untuk dipasang dislot baterai agar layar blank bisa kembali normal.

PENDINGIN PROCESSOR
Pemakaian CPU yang sudah lama, maka debu debu bisa masik ke pendingin processor, hal ini akan menyebabkan FAN pendingin tidak bisa bekerja dengan maksimal. Apabila masalah ini dibiarkan bisa menyebabkan CPU berada pada posisi ON akan tetapi layar LED blank hitam saja.

Parahnya bisa menyebabkan processor mati dan hardware lainnya bisa berujung maut, mati karena efek panas yang ditimbulkan oleh processor.

Bersihkan debu yang berada di sela-sela pendingin processor hingga bersih, kita bisa menggunakan air dicampur dengan sabun cuci. Tunggu pendingin benar-benar kering dan silahkan dipasang kembali.

No comments