Penyebab dan Perbaikan Laptop Mati sendiri

Saat mengerjakan tugas penting tiba-tiba laptop mati sendiri, padahal tugas tersebut belum kesimpen ke hardis atau flashdisk, gimana rasanya ? guman ketus dalam hati. Perasaan lain datang pasti vonis laptop rusak parah alias TKO, tanpa sebab musabab laptop mati seperti terkena serangan jantung, tambah galau hati kita.

Laptop mati sendiri dikarenakan beberapa faktor, seperti overheating, hardware yang sudah saatnya minta ganti dan sofware. Apabila kita semua mengalami laptop tiba-tiba mati mendadak jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa laptop itu rusak, untuk memperbaikinya harus di telusur satu persatu, ibaratnya sakit hasru ada diagnosa agar penyakit tersebut diketemukan. Berikut penyebab dan perbaikan laptop mati sendiri ;

1. VGA
Tanpa sadar laptop sudah sehari semalem tidak istirahat, karena menyelesaikan misi game far cry 4 agar cepet naik ke stage berikutnya. Perlu diketahui, Game mempunyai minimum spesifikasi agar bisa tampil maksimal grafis didalam game tersebut. Padahal game buka hanya VGA saja yang mempunyai peranan penting, procecor dan memori juga mendukung agar game tampil maksimal. Nah apabila kita terus memaksa laptop untuk main game resikonya mati sendiri ditengah perjalanan, fatalnya lagi sama sekali tidak bisa hidup.

Perbaikan :
  • Misal VGA onboard masih bagus atau tidak permasalah harus di tambah kipas dibawah laptop, fungsinya untuk menghisap panas dari bawah casing laptop.
  • Misal VGA onboard TKO, beli saja VGA ekternal contoh ASUS XG Station dan ATI XGP.
VGA laptop onboard dan tidak bisa diganti dan menyatu di dalam motherboard laptop, jadi bisa tidak bisa harus membeli VGA ekternal agar laptop bisa digunakan.

2. Power Supply
Power supply berfungsi memberi supply day ke hardware laptop, apabila power supply rusak tentu harware yang seharusnya di supply maka tidak bisa berkerja, apa akibatnya ? Laptop akan mati mendadak ketika sedang kta gunakan.

Perbaikan :
  • Cek power supply laptop cek kabel output arus dengan avometer, apakah masih mengeluarkan daya 12 volt atau tidak.  Power supply menghasilkan daya antara 5-12 volt untuk dipakai menghidupkan komponen lain seperti harddisk, board ydan hardware lainnya tidak kecuali mouse dan keyboard.
  • Jika power supply bener-bener rusak silhakan ke servis center resmi perusahaan laptop yang kita punya, tahu sendiri harga baru dpower supply laptop lumayan oke, merogoh kocek dalem banget.
  • Jika punya teman yang bisa memperbaiki power supply, silahkan PM ajah, siapa tahu bisa untuk bisnis sampingan, makelar servis power supply.
3. Kipas Pedingin
Laptop mati secara tiba-tiba bisa disebabkan kipas pendingin prosesor tidak berfungsi atau tidak berputar, maka yang terjadi prosesor akan overheating. Prosesor harus tersupply angin untuk mendinginkan piringan diatasnya, walaupun kipas masih berputar tapi rpm tidak seperti biasanya akan menyebabkan overheating atau panas yang tinggi.

Perbaikan :
  • Buka dan ganti dengan kipas yang baru apabila benar-benar rusak
  • Apabila masih bagus, silahkan bersihkan debu kotoran yang melekat di kpas dan pendingan atas prosesor hingga rongganya bersih.
4. RAM
Ram juga bisa menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba karena tidak kecocokan dengan tipe PC nya. Misal kita menambah ram dengan PC yang berbeda, ram bawaan dari laptop PC 1600 dan ditambah dengan PC 2133. Masalah kecil seperti disamping akan menyebabkan laptop mati secara tiba tiba, saya sendiri korbannya, cara 1 - 3 saya uprek gak tahunya ram yang bentrok :(

Perbaikan :
  • Usahakan membeli ram dengan ukuran PC yang sama, apabila sudah terlanjur membeli copot saja, tunggu terkumpul uang dan beli yang baru lagi tetapi PC nya harus sama.
5. VIRUS
Virus adalah penyakit bawaan suatu OS seperti microsoft windows, jadi pengguna harus benar benar mencegahnya denagan memasang anti virus berbayar atau gratisan. Virus bukan menyerang file berektensi exe saja tapi menyerang file-file penting di sistem C:windows/, ada juga yang mengubah file mp3 dan video menhadi dokument :D :D :D, parah bukan ???

Perbaikan :
  • Apabila OS masih aman silahken dipasang anti virus yang sekiranya bisa untuk mengatasi virus malware atau visru berbahaya lainya.
  • Apabila virus sudah menjangkiti file penting windows silahkan instal ulang OS, ingat jangan buka dulu partisi dimana kita menyimpan file software, kita instal dulu anti virus dan scan partisi data agar visrus yamng tersembunyi didalamnya dapat kita berantas.
Semoga tulisan diatas bermanfaat untuk kita semua ....

No comments