Step by Step Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup

Mempunyai sebuah komputer harus siap menerima kenyataan pahit, tidak bisa Turn On [ hidup ], namanya saja buatan manusia. Perasaan pastilah was was, harus mengeluarkan kocek dalam dompet untuk membeli motherboard atau power suplly. Jangan khawatir, kali ini saya akan memberikan bagaimana cara memperbaiki komputer yang tidak mau hidup.

Step by Step 1
langkah pertama memperbaiki komputer yang tidak mau hidup silahkan cek kabel utama yaitu kabel yang listrik untuk supply ke power supply. Silahkan dicek memakai taspen atau multi teser, jangan-jangan hanya kabel yang bermasalah, jadi daya listrik tidak samapi ke motherboard. Jika kabel masih baik pasti taspen akan menyala merah bila dicolokan ke lupang kabel tersebut, bial tidak menyala berarti kabel harus beli yang baru. Walaupun hanya sebuah kabel tetapi mempunyai peranan penting yaitu senagai penghantar arus listrik ke power supply. Belilah segera kabel dan pasang pasti komputer akan bisa hidup lagi kalau benar benar kabel yang bermasalah.

Step by Step 2
Jika step by step 1 tidak mau hidup berarti kabel aman damai sentausa, artinya masalah ada di hardware komputer, bisa tidak bisa kita harus membongkar casing komputer. pertama cek dulu power supplynya, apakah masih mengeluarkan daya untuk hardware yang ada di dalam komputer. Bagaimanapun juga kalau power supply tidak berfungsi pastilah tidak akan bisa hidup. Apabila komputer tidak mau hidup jangan dulu memvonis board yang mati, karena power supply juga mempunyai peran utama untuk menghidukan komputer, terlebuih lagi step by step 1 paling vital sendiri. Untuk pembagian arus power suplly ada 3 yaitu tegangan 3.3 volt, 5 volt dan 12 volt, bila salah satu dari tiga tegangan tersebut ada yang tidak hidup pasti komputer juga merasakannya.

Step by Step 3
Apabila step by step 2 tidak mempan juga, terkahir copot semua hardware di dalam casing komputer, keluarkan isinya kecuali power supply dengan catatan power supplynya yakin masih hidup, dalam hal ini yang bermasalah moterboardnya. Jangan lupa mengingat jumperan power shutdown, audio  dan usb di casing depan, kalau tidak hafal silahkan saja di foto denagn hape agar bisa mengingat saat memasangnya. Bila motherboard sudah terlepas dari casing lepas prosesor dan ram memori, kuas hingga bersih kotoran debu yang menempel di board. Lebih baik lagi silahkan bersihkan dengan alkohol dengan cara membasahi kuas dengan alkohol dan oleskan board yang tertempel debu debu nakal. Tunggu beberapa menit hingga board yang barusan dibersihkan benar benar kering, karena bila tidak kering akan fatal akibatnya. Jika sudah benar benar kering pasang kelbali kabel-kabel tadi persis posisi saat mencopotnya, dan hidupkan komputer. Jika komputer hidup berarti debu debu yang menempal di board biang keladinya, akan tetapi bila komputer tidak mau hidup terpaksa harus beli board baru, Semoga bermanfaat ...

No comments