Mengatasi Masalah Do You Want To Format It

Ketika hardisk eksternal dikoneksikan dengan kompi minta diformat pasti kita bisa jadi senam jantung, padahal media tersebut terdapat file penting. Lebih lebih file tersebut belum kita buckup ke media lainnya, wah bisa kalang kabut. Pertanyaan umum ' do you want to format it ? '  bila kita tidak melaksanakn eksekusi format, hardisk tidak bisa kita gunakan semestinya, disisi lain kita akan kehilangan data didalamnya.

Terjadinya masalah pertanyaan diatas mungkin saja kita sering mencabut hardisk semaunya tanpa meng-close di menu removable drive. Perlu diingat apabila hardisk eksternal sedang menjalankan program portable sebelum diskonek harus di safety remove harware andeject media dulu. Langkah tersebut agar tidak terjadi hardisk eksternal minta diformat ketika dikoneksikan dengan kompi.

Untuk mengatasi kasusu diatas kita tidak perlu menggunakan sofware, windows sudah menyediakan CMD Commant Prompt. Bagaimanakah caranya ?
  1. Silahkan konekan hardisk dengan kompi, apabila ada pertanyaan dari tuan rumah abaikan saja. Ingat ! ketahui dulu letak dari herdisk kita, apakah ada di D, E, F, G, dan selanjutnya. Karena semakin banyak partisi maka akan panjang pula local disk.
  2. Cursor mouse ke Start Menu, pilih Run ( windows XP ) dan ketik " chkdsk /f F: " apabila hardisk eksternal ada di F bila ada di G silahkan ganti saja F menjadi G. Apabila menggunakan Windows 7 pilih start Menu dan ketik " chkdsk /f F: " di kolom paling bawah di start menu.
  3. Langkah terakhir silahkan tekan Enter dan tunggu proses selaseai. Semakin besar kapasitas hardisk maka akan lama pula proses tersebut.
Perintah " chkdsk /f F: " untuk mengecek seluruh data didalam hardisk eksternal, perintah /f berfungsi untuk melakukan pengecekan serta memperbaiki kesalahan hardisk eksternal. Perintah F: dimanakah media hardisk yang akan diperbaiki. Semoga bermanfaat ...

No comments