Mengatasi Setiap Booting A Disk Read Error Occurred

Bila Anda memiliki masalah ketika menggunakan komputer ketika sesudah booting muncul layar hitam dengan peringatan
A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart
Pasti didalam angan menvonis hardisk rusak karena ada tulidan disk di peringatan tersebut, padahal kantong lagi tipis lagi lagi hardisk koet laet lagi , haduh ...

Kasus diatas terjadi karena ada bebrapa faktor, dari hardware, board kotor maupun ada salah satu hardware tertancap kurang pas di slot PCI nya. Mungkin juga dapat ditenggarai dengan faktor kesalahan dalam hal Anda merawat komputer kesayangan. Nah di bawah ini ada beberapa solusi yang mungkin bisa untuk memperbaiki "A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart" :

  1. Memory Ram, silahkan cek ram momory dengan mencopot dan membersihkan ram tersebut. misal Anda memasang 2 silahkan coba satu persatu karena ram juga bisa menyebabkan masalah diatas.
  2. USB Flash Disk, Flashdisk yang masih tertancap juga bisa menyebabkan masalah diatas. Hal tersebut disebabkan karena setingan bios waktu booting masih terdapat di removable hard disk. Untuk menghindarinya ketika menginstal windows silahkan unah lagi setingan booting ke hardis, langkah tersebut agar booting pertama masuk ke sistem windows.
  3. Cek Kabel SATA/ATA, Kabel Sata/ ata bisa menyebakan masalah di atas silahkan copot dibersihkan dan di tancapakan hingga tidak ada renggang. Bila kabel sudah renggang silahkan saja diganti yang baru dengan mutu yang baik, saran saya pilih kabel sata/ata yang tebal karena tidak gampang panas.
  4. RESET ulang BIOS, dengan mereset ulang bios juga dapat memperbaiki masalah diatas. Untuk masuk kebios silahkan saja tekan terus F2 waktu booting untuk masuk kebios dan mengembalikan ke posisi Bios default. Anda juga dapat menghapus baterai BIOS selama beberapa menit untuk me-reset.
  5. Cek PCI, Pci berguna untuk menambah hardware yang belum ada di board atau Anda ingin hardware yang lebih baik dari pada fasilitas di board. Sebagai contoh VGA, Soundcard dan Lancard. Silahkan copot semua hardware yang terytancap di PCI atau PCI expres, bersihkan dengan alkohol dan keringkan hingga kering.
Nah diatas adalah solusi untuk Mengatasi Setiap Booting A Disk Read Error Occurred di Komputer atau laptop Anda, semoga bermanfaat ...

No comments