Tips Mengatasi CD/DVD Rom bermasalah

Ketika membuka explorer kita dikagetkan dengan dvdrom yang tidak terbaca, pasti hardware tersebut rusak harus merogoh kocek untuk membeli yang baru. Ada juga tombol eject dvd tidak berfungsi, padahal didalamnya masih ada dvd penting yang akan kita gunakan.


Pada postingan kali ini saya akan memberikan tip bagaimana mengatasi cdatau dvd rom yang bermasalah, berikut ulasanya :

CD/DVDrom tidak dideteksi oleh windows 
Tips : Periksalah kabel sata/ata dan kabel power supply kecd atau dvdrom tersebut. Bila kabel aman silahkan cek disetingan Bios, sudah terdeteksi atau belum, jika belum silahkan seting aouto detect. Jika di setingan bios sudah terdetect tapi tidak terbaca oleh windows cek jumperan cd/dvdrom, siapa tahu salah jumper, bila ada jumperan silahkan cabut saja.
CD/DVDrom tidak bisa keluar masuk CD
Tips : Disk cd/dvd rom salah posisi ketika dimasukkan, itu juga bisa menyebabkan keluar masuk. Faktor lain motor dan karet bermasalah, silahkan ganti saja motor dan karet dengan cara mengkanibal dengan cd/dvdrom lain. Suatu saat akan saya buat postingan bagaimana mengganti motor dan karet cd/dvdrom.
CD/DVDrom tidak bisa membaca disk cd/dvd
tips : Kasus ini bisa disebabkan optik kotor jadi tidak bisa bekerja secara maksimal. Kasus lain Optik sudah rusak karena faktor dari pemakainya ataupun supply dari tegangan.
Nah diatas permasalahan yang sering terjadi untuk cd/dvdrom komputer atau laptop, semoga postingan saya bisa bermanfaat bagi sahabat semua.

No comments