Tidak Tahu Sebabnya Komputer Restrat Sendiri

Ketika kita menggunakan kompi tahu tahu restrat sendiri, padahal waktu tersebut melakukan tugas yang sangat sangat penting, pasti jengkel rasa hati kita. Dengan keadaan kompi restrat sendiri maka kita akan mengulangi tugas tersebut dari awal lagi apabila kita lupa men-save project tersebut. Dengan begitu kita sudah kehilangan waktu, seharus 1 jam sudah selaesai menyelesaikan tugas, tetapi dengan kendala tersebut bisa memakan waktu 2 jam bahkan lebih.

Kompi restrat sendiri disebabkan banyak faktor, faktor tersebut dari alam, sofware dan hardware. berikut penyebab dari Komputer Restrat Sendiri;

RAM


Ram juga bisa menyebabkan CPU restrat sendiri, mungkin saja Ram sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru. Bisa juga kecepatan Ram tidak suport dengan motherboard, sehingga akan membuat Kompi restrat sendiri. Jika kita mengunakan Ram 2 buah, harus disamakan kecepatannya agar berimbang. Saya pernah megalami hal tersebut, dulu waktu pameran di JEC Jogja saya membeli 2 buah Ram baru, tapi mebelinya tidak di satu stand pameran karena stok habis. Bisa tidak bisa saya membeli di lain stand pameran agar genap menjadi 2 buah. Dulu memang kecerobohan saya sendiri, terus terang tidak tahu kalau Ram berbeda kecepatannya pengaruh ke Kompi. setelah saya pasang di rumah, apa yang terjadi ? setengah jam paling lama 1 jam restrat sendiri, usut punya usut ternyata pengaruh dari ram. Soulusi untuk penanganan masalah Ram kita harus membersihkan SLOT tempat ram ditancapkan dengan alkohol agar terbebas dari debu debu yang melekat di dalamnya. Jangan sampai lupa juga,  Ram harus di bersihkan dengan alkohol agar terbebas dari debu yang melekat di tubuhnya.

VGA

VGA bisa menyebabkan CPU restrat sendiri, VGA rusak dikarenakan oleh debu debu yang masuk melalui rongga angin casing komputer, atau bisa melalui kipas CPU yang mengambil udara dari luar. Biasannya ada tanda tanda bila VGA rusak yaitu resolusi berubah sendiri dan komputer bisa merestrat sendiri tanpa disuruh yang punya. Solusi bersihkan kipas VGA dengan alkohol, karena kipas tersebut untuk mendinginkan chip VGA agar tidak panas. Apabila tidak bisa silahkan beli VGA baru agar bisa melanjutkan katifitas ngegame online.

HARDISK

Hardisk juga bisa menyebabkan CPU restrat sendiri, Biasanya hardisk akan eror atau bad sector disertai dengan seringnya blue screen. Layar moniror berwarna biru juga ada peringatan "A problem has been detected ..... to yuor computer." Penyebab seperti itu listrik sering mati lampu, tidak menggunakan stavolt dan sering tidak mematikan komputer melalui shutdown. Nah untuk menaggulanginya kita harus mendefrag hardis secara berkala, agar tahu kondisi hardis masih layak atau harus di ganti dengan yang baru.

POWER SUPPLY

Power Supply juga bisa menyebabkan CPU restrat sendiri, mungkin faktor usia power supply tersebut atau dari daya listrik di daerah kita yang jelek. Efek dari power supply yang bermasalah akan menyebabkan hardware di dalam komputer kekurangan daya. Harusya VGA mendapatkan makan 1 piring saat itu cuma di beri makan 1/5 piring. padahal didalam komputer terdapa macam macam hardware yang perlu suplly dari power supply. Solusinya silahkan bersihkan power supply secara berkala, bisa juga di cek dengan avometer output dayanya. apakah benar benar 12 volt atau sudah menurun dayanya.

PROCECOR

Prosesor juga bisa menyebabkan CPU restrat sendiri, dengan prosesor yang panas akibat penggunan melakukan aktifitas yang berlebihan, juga menyebabkan kompuetr restrat sendiri. Setiap software pasti ada spesifikasi untuk di gunakan di suatu komputer, agar bisa maksimal dan tidak menguras tenaga komputer itu sendiri. Apabila hal tersebut dilakukan terus menerus maka prosesor akan overheat dan prosesor akan cepat panas. Apa akibatanya, komputer pasti akan merstrat sendiri karena sudah benar-benar lelah. Agar prosesor tidak panas silahkan bersihkan kipas dari kotoran debu serta bersihkan alumunium prosesor dari debu yang melekat.

Semoga informasi penyebab CPU atau Komputer restrat sendiri bermanfaat buat kita semua.

No comments