Peranan Motherboard

Motherboard adalah tempat induk yang berupa pcb sebagai tempat hadware yang didukungnya. Motherbaord biasanya disebut mobo, bentuknya kotak dan berisikan rangkaian elektronika seperti IC, transistor dab lain-lain. Komputer tanpa motherboard tidak bisa berjalan,karena motherboard sebagai induk dari hardware hardware tersebut.
Seiring kemajuan tehnologi, pengembang perangkat keras maupun lunak semakin berkembang.
mereka mengeluarkan produk barunya berupa sofware yang didukung oleh hardware tertentu. Maka dengan begitu perkembangan komputer dimasa sekarang sangat pesat sekali.
Pengembang motherboardpub juga tidak mau ketinggalan, mereka mengeluarkan produk-produk terbarunya dengan spesifikasi high end dan low end. contoh pengembang dari motherboard;
  1. ASUS
  2. Gigabyte
  3. Biostar
  4. ECS
  5. Asrock
  6. Vaikoo
  7. Zotac
  8. MSI dan produk lainnya
Motherboard didalam sebuah komputer mempunyai peranan sangat penting sekali, apa saja yang terdapat didalam motherboard ? motherboard biasanya terdapat ;
  1. Slot untuk tempat prosesor
  2. Slot untuk tempat memori (ram)
  3. Chip
  4. Bios
  5. Lan
  6. Slot USB
  7. Slot untuk arus dari power supply
  8. Slot PCI untuk hardware yang tidak ada didalam suat motherboard
  9. Slot PCI expres untuk VGA yang lebih tinggi spesifikasinya dari pada bawaan dari produk motherboard tersebut.
  10. Slot SATA unutuk hardisk yang suport dengan slot tersebut.
Apabila motherboard tersebut rusak maka akan menyebabkan kinerja sebuah komputer jadi dapat berjalan dengan maksimal. Maka oleh sebab itu sebelum membeli atau merakit sebuah komputer lihat dulu spesifikasi dari motherboard tersebut.

No comments